in

Rempah-Rempah Spa Pemanja Kulit

Menjaga kecantikan luar dalam bagi wanita Indonesia sudah mentradisi. Kepercayaan bahwa manusia memiliki timbal balik dengan alam, membuat tanaman yang tumbuh di tanah air mampu dimanfaatkan untuk memelihara tubuh.

Dan Indonesia memiliki banyak tradisi spa. Itu yang membuat Deklarasi Sanur digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika selama ini spa Indonesia identik dengan nama Javanese Spa dan Bali Spa, maka melalui Deklarasi Sanur tersebut dimunculkan tren baru spa tradisional dari berbagai wilayah Indonesia yang memiliki manfaat dan kegunaan tak kalah mujarabnya.

Di berbagai daerah di nusantara punya resep perawatan tubuh tradisional yang sudah mentradisi dan telah diuji klinis. Diantara ramuan-ramuan spa tradisional Indonesia tersebut yang kemudian kelak dipopulerkan pada Deklarasi Sanur tersebut adalah antara lain:

Batengeh, Minangkabau
Batengeh atau bertangas artinya mandi uap dari bahan rempah-rempah. Fungsinya bervariasi untuk kesehatan dan kecantikan. Khusus untuk menghilangkan bau badan, merapatkan vagina dan pori-pori, cukup rebus tanaman daun jambak, karisiak daun pisang buah, sarai dan siriah. Uapkan tubuh layaknya mandi sauna.

Martup, Tapanuli Tengah
Suku Batak mengenal martup untuk merawat tubuh, salah satunya dimanfaatkan untuk bedak badan dan wajah. Tumbuhan yang diperlukan antara lain: daun jambak, karisiak daun pisang buah, sarai dan siriah. Haluskan bahan dan balurkan ke seluruh tubuh sehabis mandi. Khusus untuk wajah, bahan yang dihaluskan adalah bareh, bunga melati, bunga culan, dan bunga mawar.

Bacoho, Minahasa
Orang Minahasa menggunakan konsep tradisional ini untuk merawat rambut agar subur, kuat dan tidak rontok. Bahan-bahan yang digunakan antara lain santan kelapa yang dicampur air lemon kasturi. Penggunaannya digosok pada rambut dan dipijat pada kulit kepala selama dua menit, kemudian bungkus rambut dengan handuk selama 4-6 jam, lalu dibilas.

Batimung, Banjarmasin
Spa yang satu ini biasa digunakan oleh sepasang calon pengantin agar kulit cerah dan halus ketika duduk di pelaminan. Caranya dengan mandi sauna dari rebusan rempah-rempah seperti rumput akar wangi, lengkuas, kunyit, kenanga, pandan wangi, kapulaga Jawa dan temugiring.

So’oso, Madura
Rasakan khasiat dari bedak mangir tradisional untuk menghaluskan kulit. Bahan berupa bunga nyamplung, akar klembak, kulit pule, kayu cendana, tepung beras dan kulit mesoyi ditumbuk dan ditambahkan air hingga menjadi adonan. Kemudian bentuk menjadi bulat-bulat kecil dan dikeringkan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Batik Fashion - Heritage of Cirebon, Model Baju Batik Komar

Heritages of Cirebon, Model Baju Batik Komar

Nikmati Spa Indonesia