in

Nikmati Spa Indonesia

Small 2Spa dikenal sebagai teknik relaksasi dan kesehatan dengan menggunakan sarana air, dan spa sendiri singkatan dari soluse per aqua. Di Indonesia, istilah spa terbilang populer pada beberapa dasawarsa belakangan ini, namun teknik dan penerapannya sudah dikenal sangat lama.

Perawatan tubuh tradisional yang ada di Indonesia dan masuk dalam kategori spa, berjumlah sembilan jenis. Dari sembilan yang diangkat dan dipopulerkan, hidup beberapa jenis spa Indonesia yang masih harus diidentifikasikan lagi. Kesembilan jenis spa tradisional tersebut antara lain: Tangas dari tradisi Betawi, Batangeh dari tradisi Sumatera Barat, Oukup dari tradisi Sumatera Utara, Ngadi Saliro dari tradisi Jawa, Boreh dari tradisi Bali, So’oso dari tradisi Madura, Batimung dari tradisi suku Banjar Kalimantan Selatan, Bakera dari Sulawesi Utara dan Bedda Lottong dari Sulawesi Selatan.

Spa tradisional Indonesia tergolong aman dengan minimnya penggunaan bahan-bahan kimia dan mengutamakan bahan-bahan alami seperti penggunaan daun sirih, daun tilem, secang, temu giring, meyosi, kunyit, kunir, daun pandan, cengkeh, jahe, serai, melati, mawar dan lain sebagainya. Oleh ahli, spa dikelompokkan menjadi dua jenis: wellness spa atau health spa, dan medical spa. Wellness spa atau health spa orientasinya terhadap kesehatan dan peningkatan penampilan diri serta kecantikan. Sedangkan medical spa, orientasinya untuk penyembuhan yang umumnya diterapkan di klinik atau rumah sakit.

Di Indonesia, umumnya spa dilakukan untuk perawatan kecantikan dan juga tradisi pasca melahirkan. Untuk kecantikan orientasinya adalah perawatan kulit dan bau badan. Untuk pasca melahirkan, orientasinya adalah mengembalikan tubuh ke sediakala dan kesehatan. Tradisional spa juga menerapkan penenangan jiwa atau relaksasi dengan teknik pemijatan dan aroma terapi. Bahan-bahan tradisional spa sangat alamiah dan kecil kemungkinan menjadi pengganggu kesehatan.

Konsep sembilan spa tradisional Indonesia ini merupakan kerja kolaburasi antara industri spa dan pemerintah dengan menggali khazanah spa Indonesia dari berbagai daerah di nusantara. Latar-belakangnya, spa Indonesia selain diminati masyarakat lokal juga diminati oleh orang asing. Dan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era Presiden Soesilo Bambanga Yudhoyono, konsep sembilan spa tradisional Indonesia ini dicanangkan sebagai bagian dari wisata Indonesia, yakni masuk dalam kategori tujuh wisata minat khusus. Spa masuk dalam wisata spa.

Dua perusahaan kosmetik besar di Indonesia, Martha Tilaar dan Mustika Ratu pun turut mengembangkan usahanya dengan masing-masing membuat divisi usaha dan sarana spa sendiri. Untuk memudahkan konsumennya mengenakan produk-produk spa, keduanya sama-sama memproduksi kosmetik berbahan alamiah untuk spa di rumah.

Sumber: Majalah BATIK On Fashion

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Rempah-Rempah Spa Pemanja Kulit

Batik Lasem, Pembauran Yang Rindu Pembaruan