in

Batik Di Media Kayu

KAksesori 3ayu telah lama digunakan sebagai media seni hingga menghasilkan karya seni pahat dan seni ukir. Industri batik yang menggunakan media kain, bahkan diaplikasikan ke dalam seni membatik di media kayu.

Teknik dan motif batiktak hanya bisa diterapkan pada kain, namun juga pada kayu. Kayu yang umumnya digunakan untuk membatik adalah berjenis kayu lunak seperti sengon, albasia, wadang, jenetrim pule, mahoni, kuso, klepu, kembang, dan kayu jinjing. Karena berbahan kayu dan rentan terhadap pengadaannya, maka kayu yang digunakan harus mudah direboisasi. Juga terkait isu green. Bahan baku kayu yang digunakan berumur minimal 2-3 tahun.

 

Membatik di kayu serupa tapi tak sama dengan membatik di kain. Kayu direbus terlebih dahulu dengan air mendidih agar getahnya keluar. Hal ini akan mengurangi resiko kerusakan saat finishing. Setelah itu, kayu dikeringkan dengan cara proses penjemuran. Ketika telah kering, kayu diamplas sesuai dengan kehalusan yang diinginkan.

Pola batik sudah harus selaras dengan bidang atau bentuk kayu yang akan dibatik. Proses pembatikannya pun menggunakan malam dan canting. Usai dibatik, kemudian diwarnai dengan pewarna kimia hingga muncul warna yang diingini. Tak berbeda untuk melepas malam pada kain, pada kayu pula dilakukan proses perebusan.

 

Kayu yang telah dikeringkan kemudian dicelup atau dikuas dengan cairan H202 untuk memutihkan kayu. Hasil yang baik adalah jika polesan tersebut menghasilkan kayu yang putih dan hanya motifbatiknya saja yang terlihat.Aksesori 2

Batik kayu umumnya menggunakan motif terkenal seperti parang rusak, parang barong kawung, garuda, sido rahayu, sido mukti atau motif lainnya. Sedangkan produk batik kayu hasilnya berupa almari, asesoris rumah tangga, patung kayu, kotak perhiasan, gelang, kalung sandal, topeng, wayang atau hiasan batik lainnya.

Kerajinan batik kayu dapat ditemui di Dusun Krebet Desa Sendangsari Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan di Jawa Tengah, kerajinan batik kayu ada di Perum Wonokrisan, Nggondang Rejo, Karanganyar.

Sumber: Majalah BATIK On Fashion

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

galeri batik prameswari

Galeri Batik Prameswari

gitar batik mancasan sukoharjo jawa tengah

Gitar Batik Mancasan