in

Motif Batik Mangrove PT. Phapros Tbk

Eksplorasi awal dari pemerintah sendiri menggalakkan batik sewaktu panas-panasnya batik diklaim Malaysia.

Motif Batik MangroveMenjadi salah-satu pionir industri farmasi di Indonesia, PT. Phapros Tbk melayani masyarakat melalui produk-produk farmasinya selama 50 tahun lebih. Dedikasinya pun bertambah selain menyehatkan masyarakat Indonesia, juga berupaya melestarikan batik Indonesia melalui seragam batik koorporatnya. Muncul kemudian motif batik mangrove PT. Phapros Tbk.

Gerakan mencintai serta melestarikan batik sebagai busana khas Indonesia yang digalakkan pemerintah, mendorong perusahaan BUMN ini turut dalam upaya melestarikan batik Indonesia dalam bentuk pengaplikasian batik dalam seragam koorporat. “Eksplorasi awal dari pemerintah sendiri menggalakkan batik sewaktu panas-panasnya batik diklaim Malaysia. Kami yang BUMN ikut untuk menjadi bagian dari upaya pemerintah tersebut,” jelas Coorporate Secretary PT. Phapros Imam Ariff Juliadi.

motif batik mangroveIa menjelaskan bahwa PT. Phapros telah mulai mengenakan seragam batik sejak tiga tahun lalu. “Seragam batik tahun pertama kami warna dasarnya cenderung biru. Motif yang dikenakan adalah bunga dan burung garuda.” Warna biru sebagai warna dasar diambil dari warna koorporat dan motif bunga untuk motif khas batik.

Di tahun kedua, PT. Phapros merubah desain batiknya dengan menampilkan warna dasar orange dengan motif flora. Warna dasar orange pula diambil dari warna koorporat, sedangkan motif flora yang digunakan, mengidentifikasikan asal perusahaan tersebut yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. “Kami berasal dari Semarang, motif flora yang ada dibuat berdasarkan motif flora yang umumnya terdapat pada batik Semarang,” sergah Imam.

Batik koorporat dijelaskan oleh Imam kuat memberikan brand identity dikalangan stake holder.

Pap 3Di tahun ketiga, perusahaan farmasi ini mengganti motifnya dengan flora lebih spesifik, yakni pohon bakau. Alasan dari penggunaan motif ini berkaitan dengan program perusahaan dalam upaya penanaman pohon bakau di kawasan pantai Semarang, sekaligus program pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat terhadap lingkungan. “Kami memfokuskan kegiatan PKBL dalam bentuk kesehatan dan lingkungan. Untuk lingkungan kami melakukan gerakan penanaman pohon bakau.”

Motif batik mangrove sebagai motif batik koorporat PT. Phapros Tbk dijelaskan oleh Imam kuat memberikan brand identity dikalangan stake holder. Dengan mengenakan seragam batik, kepentingan perusahaan dengan orang-orang yang ada di dalamnya, akan bersama menjaga nama baik perusahaan. Sehingga bukan sekedar mengenakan seragam, tetapi citra baik perusahaan pun harus turut di dalamnya.

Sebagai upaya melestarikan batik, PT. Phapros juga memiliki mitra binaan yang bergerak di bidang batik di daerah di Semarang. Hasil produksi mitra binaan tersebut kemudian dijadikan tanda mata dalam bentuk souvenir kepada VIP maupun jajaran direksi dan komisaris sebagai seragam batik dengan motif mangrove.

Tahun 2015, mereka akan mengganti lagi seragam batik koorporatnya, dengan masih mengedepankan motif mangrove sebagai bagian dari identitasnya.

 

 

 

Sumber: Majalah BATIK On Fashion

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

syaembarakan batik tbig

Sayembarakan Batik TBiG

Ada Jawa Kecil Di Kamar Hotel