in

Keindahan Jakarta Dihadirkan Di Spring Summer by Dekranasda DKI Jakarta

Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI Jakarta atau Dekranasda DKI Jakarta turut dalam perhelatan Jakarta Fashion & Food Festival 2016. Menggandeng tujuh desainer lokal dan nasional, berbagai kerajinan diaplikasikan dalam bentuk fashion. Tema besarnya adalah Spring and Summer, dengan mengangkat ide-ide lokal yang mencirikan Kota Jakarta.

Tujuh desainer tersebut antara lain: Jetty Prabatsari, Nita Seno Adjie, Tri Setio Utomo, Yunita & Tiara, Anita, Yogiswari Prajanti, dan Ayunda Fira Intan. Masing-masing memperkenalkan kekhasan Jakarta, mulai dari flora dan fauna hingga ciri metropolis seperti yang disandang Jakarta. Seperti apa busana-busana tersebut?

Jetty Prabatasari

Melukis kain sudah menjadi tradisi yang ada di industri kain Indonesia. Olahan tangan dan imajinasi yang terpaut dengan tradisi dan budaya setempat, dibeberkan dalam motif kain. Jetty Prabatasari menggambarkan Jakarta via kain lukis buatannya berbahan sutra halus.

Dekranasda DKI Jakarta

 

Nita Seno Adji

Tema yang diketengahkan adalah metropolis, sebagai gambaran panorama kota Jakarta. Transportasi kha yang masih hidup dari Bajaj hingga Bemo, diaplikasikan dalam bentuk bordir. Ia juga memasukkan motif flora dan fauna seperti kupu-kupu dan daun tampak siring.

Dekranasda DKI Jakarta

 

Tri Setio Utomo

Konsep busananya masih berkisar flora dan fauna Jakarta, dari motif kibasan burung dan bunga tapak dara. Temanya adalah paduan keduanya, diberi judul kibasan burung menapak dara. Warna dominannya, putih, hitam dan fuschia, sesuai dengan warna burung pada motif.

Dekranasda DKI Jakarta

 

Yunita & Tiara

Elang bondol merupakan burung khas Jakarta yang kini telah makin sedikit habitatnya. Ia mengaplikasikannya dalam koleksi kebayanya dan dipadukan dengan motif bunga. Inspirasi tersebut mengacu pada ide dasar Dekranasda DKI Jakarta untuk mengangkat kelokalan.

Dekranasda DKI Jakarta

 

Anita

Spring Summer merupakan tema utama fashion show Dekranasda DKI Jakarta di Jakarta Fashion & Food festival 2016, dengan mengungkap keindahan yang dimiliki Jakarta. Anita mengangkat 8 aksesoris mulai dari kalung, gelang, dan anting.

Dekranasda DKI Jakarta

 

Yogiswari Prajanti

Menggunakan material kain ceruti dan sifon, dirinya berusaha mengangkat tema Jakarta dan Indonesia dalam sebuah kain yang dicetak dan kemudian dijadikan busana. Sesuai dengan tema besarnya, Spring Summer ala dirinya ditampilkan ceria.

Dekranasda DKI Jakarta

 

Ayunda Fira Intan

Untuk mengangkat craft Jakarta, ia menekankan pada penggunaan bordir yang menjadi salah-satu andalan kerajinan tangan khas Jakarta. Tema besar Spring Summer diangkatnya dalam wujud kupu-kupu Jakarta di atas bahan full katun.

Dekranasda DKI Jakarta

Sumber Foto: Jakarta Fashion & Food Festival 2016

Batiklopedia.com

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Batik Fashion - Model Baju Batik Indigo Ala Handy Hartono

Mengemas Biru Di Batik Indigo Ala Handy Hartono

25 tahun Musa Widyatmodjo Berkarya

Meretas 25 Tahun Musa Widyatmodjo Berkarya