in

Jejak Iwan Tirta Di The Sultan Hotel Jakarta

Iwan Tirta hadir dalam berbagai ruang yang ada di hotel tersebut. Karyanya dalam bentuk lukis motif batik tulis, menghiasi spot-spot dalam hotel.

Menyambangi The Sultan Hotel Jakarta seperti meretas kisah eksis Iwan Tirta kala masih berkarya menghadirkan batik. Dan karyanya menggugah cita-rasa Indonesia dalam ruang dan waktu.

Renovasi hotel tengah berlangsung untuk menghadirkan kesan Indonesia dalam karakter interiornya. Kesan Jawa berpadu alam budaya Bali bercampur baik, dengan beberapanya disisipi diorama lukisan tradisi dan budaya adat-istiadat selain keduanya. Di The Sultan Hotel Jakarta, pengunjung dapat dengan mudahnya menikmati sajian budaya khas Indonesia. Sebuah panggung panjang dengan gamelan Jawa siap menghantarkan tamu hotel mengenali cita-rasa Indonesia melalui musik tradisionalnya.

Iwan Tirta hadir dalam berbagai ruang yang ada di hotel tersebut. Karyanya dalam bentuk lukis motif batik tulis, menghiasi spot-spot dalam hotel.

Foyer Lift

DSC_7789

DSC_7751
Karya Iwan Tirta hadir menyapa tamu hotel, berada pada lorong menuju lift utama. Pada kedua sisinya, menempel dalam bentuk lukisan besar dengan motif Peksi Jawoto, yakni dewa burung, percampuran pengaruh China. Sedangkan bagian satunya bermotif pohon palem. Coletan warna emas pada garis gambar atau lebih dikenal prada, seperti membentuk kesan dua dimensi sehingga lukisan nampak hidup.

Lagoon Lounge

 

CAFE LAGOON
Lagoon Lounge sering menyajikan buffet dessert klasik, afternoon tea, dan koktail malam. Menuruni tangga menuju Lagoon Cafe The Sultan Hotel Jakarta, terdapat gambar besar motif batik khas Iwan Tirta. Ini mengawali kesan art deco menuju Lagoon Cafe. Di dalam cafe, sejumlah ornamen khas budaya Jawa pun bermunculan, seperti topeng, wayang, ukir kayu, dan motif batik.

Executive Lounge

LANTAI 13
Executive Lounge adalah ruang private bagi pengguna kamar executive. Berada di lantai 13, lantai ini memiliki lift langsung bagi tamunya. Keberadaan lounge di tempat tersebut sama halnya dengan keberadaan Lagoon Lounge untuk tamu umum. Kesan private sangat terasa dengan ornamen kerajinan batik berbingkai pada dinding-dindingnya.

Golden Ballroom

BALLROOM (2)

BALLROOM (1)

DSC_7782

LUKISAN IWAN TIRTA (4)
Kekuatan aura karyanya pun memenuhi ruang ballrom dengan ukuran besar-besar pada tiap sisi ruangan. Wallpaper disekitarannya pun dikuatkan dengan motif batik untuk memunculkan aksen yang terintegrasi.

Executive Floor

PENHOUSE (2)

PENHOUSE (1)
Masih dalam areal yang sama dengan Executive Lounge, di Executive Floor yang memiliki kamar-kamar kelas executive, dihiasi dengan lukisan Iwan Tirta pada beberapa dinding aisle. Dan hal yang sama pun nampak pada bagian dalam kamar. Aksen terasa pada bed runner bermotif batik.

Penthouse Floor

LUKISAN IWAN TIRTA (3)

Penthouse floor merupakan kamar mewah yang menyajikan sensasi menginap kelas atas. Dilengkapi balkon pribadi, jacuzzi, dan kolam renang, kamar ini terdiri dari dua kamar tidur utama, ruang makan dan dapur pribadi, lengkap dengan peralatan makan dan memasak. Di kamar ini, lukisan motif batik Iwan Tirta menambah keeleganan ruang yang berwarna putih coklat

 

Sumber: Majalah BATIK On Fashion

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Ada Jawa Kecil Di Kamar Hotel

Motif Betawi Di Honeymoon Room