in ,

Mengenakan Batik Tulis Untuk Gaya Hidup Yang Mendarah Daging

Seringnya melihat keluarga mengenakan batik, pegiat batik tulis di Balikpapan ini akhirnya jatuh cinta dengan budaya batik. Ia adalah owner dari DNL Batik Balikpapan, melanjutkan kerajinan turun temurun keluarganya.

“Dulu itu Ibu saya aktif di Dharma Wanita, kegiatannya pakai kebaya, jadi batiknya banyak, jadi mulai dari situ suka dengan batik,” ujar Dewi K Priani, Senin (20/1/2020).

Bakatnya di bidang seni gambar, mendukung Dewi K Priani menekuni seni batik tulis hingga sekarang.

Di setiap kesempatan, Dewi K Priani rajin menjelaskan kalau batik asli selalu menggunakan bahan lilin. Jika tidak menggunakan bahan lilin maka itu bukan batik asli. “Batik asli itu menggunakan bahan lilin, seperti batik tulis itu asli, begitu juga dengan batik yang di cap, itu masih sah disebut batik, karena masih menggunakan bahan lilin,” terangnya.

Karena batik di keluarga sudah turun temurun, ia mengaku kerajinan batik sudah mendarah daging dalam dirinya. “Dulu Ibu saya selalu dikasih kain batik oleh eyang saya, Almarhum Ibu dari Almarhum Bapak saya. Dari situlah saya tau makna dari kain batik dan sudah mendarah daging dalam diri saya,” tuturnya.

Hingga kini, kemanapun Dewi pergi, selalu membawa batik tulis buatannya. “Saya kalau pergi kemana-mana itu, selalu membawa batik,” ungkapnya. Tentu batik yang dibawanya adalah berbentuk pakaian batik tulis.

“Pakaian saya selalu menggunakan batik tulis kemanapun saya pergi, kayak gak percaya diri aja kalau menggunakan batik yang bukan batik tulis. Karena keluarga dari bapak saya itu pengrajin batik, jadi dulu itu selalu negur saya kalau gak menggunakan batik, jadi akhirnya sudah terbiasa kalau kemana-mana itu menggunakan batik,” pungkasnya.

Sumber

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Peragaan Busana Sustainable Fashion Peringati Perubahan Iklim Dan Imlek

Keraton Agung Sejagat Jadi Obyek Wisata