in

Membalut Busana Dengan Rangkuman Sekar Jagad Banyuwangi

Sekar Jagad Banyuwangi

Hampir 17 tahun Irma Lumiga eksis di industri kreatif fashion. Di Indonesia Fashion Week yang berlangsung 1 – 5 Februari 2017 di Jakarta Convention Centre, turut memanfaatkan panggung bergengsi tersebut memperkenalkan dan mendorong pariwisata dan budaya Banyuwangi. Kali itu ia memperkenalkan perkembangan batik dan produk fashionnya yang menggunakan produk batik Banyuwangi, Sekar Jagad Banyuwangi.

Irma Lumiga mengusung tema Sekar Jagad Banyuwangi. Berasal dari kata “kar jagad”, istilah ini diambil dari bahasa Jawa. Dalam bahasa Indonesia, “kar jagad” artinya peta dunia. Motif yang mengandung makna keanekaragaman dunia ini menempatkan Banyuwangi sebagai bagian keindahan dalam sehelai kain.

Sekar Jagad Banyuwangi

Didaulat Bupati Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendaulat Irma Lumiga menampilkan Banyuwangi dalam perhelatan bergengsi tersebut. Ini merupakan upaya Pemerintah Daerah Banyuwangi mengangkat kesuksesan Banyuwangi Batik festival tahun 2014 dan 2015.

Irma Lumiga merancang 71 koleksi batik dari mulai ready to wear, kebaya, dan haute couture. Sejumlah nama model Banyuwangi dan nasional turut dilibatkan untuk menampilkan koleksinya tersebut. Pagelarannya pun diperkuat dengan penampilan 30 penari gandrung yang didatangkan langsung dari Banyuwangi.

Irma Lumiga bekerjasama pula dengan beberapa UMK dan perajin batik Banyuwangi dan desainer sepatu serta tas bermerk KOVS.

“Fashion is about eyes and transforming, and batik is about legend and heritage if you put it together than you can make a beautiful masterpiece” ujar Irma jelang perhelatannya di IFW 2017.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

shibotik

Mengenal Shibotik (Bagian 1)

Parade Desainer Galeri Indonesia WOW di Indonesia Fashion Week 2017