in

Pecinta Batik Itu Telah Tiada

Pecinta batik kehilangan satu orang yang andil dalam melestarikan batik. Berita duka datang dari Ndalem Prabukusuman di Kawasan Alun-alun Kidul, Yogyakarta. Tersiar kabar GBPH Cakraningrat, putra mendiang Sri Sultan Hamengkubuwono IX wafat. Di kompleks tempat tinggal GBPH Prabukusumo terdapat sejumlah karangan bunga bertuliskan belasungkawa.

Beliau adalah anak dari istri keempat Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang bernama Kanjeng Raden Ayu Ciptamurti, meninggal dunia Minggu (21/7/2019) pukul 20.30 di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Saat itu jenazah GBPH Cakraningrat tiba di Yogyakarta sekitar pukul 12.10 WIB dan disemayamkan di Ndalem Prabukusuman, kemudian disalatkan di Masjid Gede Kauman, dan dimakamkan di makam keluarga Kraton Ngayogyakarta Hdiningrat, Hasta Renggo.

Kakak dari GBPH Cakraningrat, GBPH Prabukusumo menjelaskan kalau sebelumnya adiknya sempat mendapat perawatan di rumah sakit. Diceritakan pula adiknya pernah mendapat perawatan di Yogyakarta, Singapura, dan Jakarta, sebelum akhirnya berpulang.

“Saya mendengar kabar saat di Sumbar (Sumatera Barat), karena ada acara. Setelah mendengar kabar bahwa Dimas Cakraningrat meninggal, saya langsung menghubungi Dimas Suryodiningrat, dan menghubungi Pengulon karena mau dimakamkan di Masjid Gede Kauman. Alhamdulilah semua berjalan lancar, matur nuwun,” tuturnya.

“Dimas itu kan sakit, komplikasi. Pernah juga dirawat di sini (Yogyakarta), pernah juga mendapat perawatan di Singapura, saya sempat menengok ke sana juga. Yang terakhir dirawat di Jakarta, sakit kurang lebih satu tahun. Berbagai upaya sudah dilakukan, dan ini jalan terbaik buat Dimas,” sambungnya.

Pecinta Dan Pelestari Batik

Menurutnya GBPH Prabukusumo, almarhum adiknya adalah sosok yang sangat cinta batik. Almarhum beserta istri sering berkumpul di Sekar Jagad untuk membatik.

Kecintaan terhadap batik juga diungkapkan oleh Penghageng Tepas Dwarapura Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KRT Jatiningrat. “Tidak sejak kecil bergaul karena beliau di Jakarta, tetapi sejak di sini (Yogyakarta) kami banyak bergaul. Beliau adalah sosok yang low profile. Beliau adalah sosok yang baik dan senang sekali dengan batik,”ungkapnya.

Almarhum GBPH Cakraningrat aktif bergabung di dalam Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI).

Sumber asli, Di Sini

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Motif Batik Pangandaran Kebanjiran Pesanan

Motif Batik Daun Sukun Asal Kepulauan Seribu Jakarta