in

Motif Batik Pangandaran Kebanjiran Pesanan

Pernah mendengar Batik Pangandaran? Yup, motif batik ini masuk dalam khazanah Batik Jawa Barat. Daerah pesisir selatan ini pun tak ingin ketinggalan menorehkan keindahan alam pantainya serta kehidupan khas masyarakatnya dengan menyematkan ragam motif batiknya.

Motif Batik Pangandaran banyak mengaplikasikan biota laut sebagai motif khasnya seperti motif lereng udang, udang windu, bintang laut, kuda laut, udang jantan, dan ombak samudera. Konon, motif-motif ini pula yang diincar oleh para pelancong yang tandang ke sana.

Ada juga motif Batik Pangandaran yang dibuat para perajin dengan mengangkat sejumlah objek wisata yang ada di Pangandaran. Kondisi itu, dimaksudkan untuk memperkenalkan wisata Pangandaran lewat batik.

Dipesan Dari Berbagai Kota

Kemampuan membatik tersebut kemudian mengundang berbagai kota untuk memanfaatkan keahlian pembatik setempat membuat batik pesanan pembeli.

Seperti pembatik asal Dusun Garunggang Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang, Rusdaya Saleh Hidayat (62). Ia mengatakan selama membatik sudah sering menerima pemesanan membatik dari berbagai daerah yang rata-rata untuk seragam pegawai Pemerintah Daerah atau organisasi wanita lainnya.

“Pernah pesanan dari Dekrasnasda Pemda Bangli Bali, mereka hanya memberikan motif dan dibuatkan di sini. Tidak menyangka aktivitas membatik di Pangandaran sudah dikenal di Bali,” ungkapnya, Senin 22 Juli 2019.

Dirinya sekarang sedang memproduksi beberapa batik yang jenisnya seperti tugu marlin, udang samudra, bintang marlin, pakis marlin dan menjual dengan harga dari mulai Rp 75.000,- hingga Rp 250.000,- per lembarnya dan bila modelnya full batik tulis harganya Rp 500.000,-.

“Bila bahannya lebih bagus bisa mencapai jutaan, itu juga kalau yang mahal memproduksinya bila ada pesanan, baru dibuat,” jelasnya kepada wartawan Kabar Priangan, Muslih Jerry.

Rusdaya menambahkan, perajin batik Pangandaran sering kebanjiran order pesanan. Pihaknya pernah mendapat pesanan dari Bekasi. Pemesan berasal dari utusan Pemda Bekasi dan mereka memberikan motif sendiri yang kemudian dibuatkan bisa langsung diproduksi.

Sumber asli, klik Di Sini

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

tips memilih lipstick

Lipstik Glossy dan Matte, Mana yang Sebaiknya Kamu Pilih?

Pecinta Batik Itu Telah Tiada