in ,

Greget Dan Genit Motif Sayuran Di Batik Magetan

Tiap daerah di Pulau Jawa, punya keunikan motif batiknya didasarkan atas ciri khas dan representasi ikon daerahnya. Tak terkecuali Batik Magetan. Punya hasil bumi berupa sayur mayur, kemudian diaplikasikan ke dalam motif batik yang dibuatnya.

Motif batik Magetan yang menggambarkan potensi alamnya adalah antara lain: motif Pring Sedapur dari Desa Sidomukti, motif Parang Selo khas Desa Pragak yaitu Parang Selo, dan motif batik Ciprat dan batik sayuran.

Motif Sayuran Genilangit

Wilayah yang berada di kaki Gunung Lawu ini menyimpan motif batiknya. Tepatnya berada di Desa Genilangit Kecamatan Poncol, Magetan, Jawa Tengah. Motif batik Magetan sudah dilahirkan puluhan tahun silam dan mengungkap potensi alamnya.

Desa Genilangit Kecamatan Poncol pun punya motif batik yang cantik dan unik yaitu batik bermotif Labu Siam atau masyarakat biasa menyebutnya batik Jepan. Sayur yang merambat dan berbuah seperti bola lampu ini, hanya dapat tumbuh dan berbuah di desa ini.

Belakangan tanaman ini menjadi andalan warga setempat. Selain sayur, ada motif lain yang dikerjakan oleh ibu-ibu desa Genilangit yaitu motif Golor dan Louncang. Harga batik di daerah ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 160 ribu.

“Batik Jepan ini dijual yang paling murah Rp 160 ribu perpotong hingga Rp 180 ribu tergantung tingkat kerumitan saat pembuatanya,” ujar Khotimatul Khusnah salah satu perajin batik setempat.

Batik sayur ini belum dijual bebas, bila ingin memesan bisa datang langsung ke desa Genilangit, atau ke Taman Wisata Genilangit yang menjual kerajinan khas setempat.

Sumber

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Batik Kauman Berpenggerak Perempuan Muhammadiyah

Mengenal Primbon Jawa, Yuk!