in

Kebersihan Langkah Awal Dagang Pintar di Tengah Wabah Corona

Di tengah wabah pandemi Covid 19 ini, sektor yang paling merasakan dampaknya adalah sektor ekonomi, terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Turunnya daya beli masyarakat membuat para pedagang harus berdagang dengan pintar. Salah satu tips dagang pintar yang wajib diperhatikan adalah kebersihan.

Kebersihan saat ini menjadi kunci utama untuk terhindar dari wabah pandemi Corona. Demi kesehatan bersama, pedagang mesti menggaransi kebersihan jualannya, tempat, dan diri sendiri kepada pembeli.

Tips dagang pintar yang mesti diterapkan pertama kali adalah kebersihan tempat jualan. Dengan terus menjaga kebersihan tempat jualan, Anda telah berpartisipasi dalam melawan Covid 19.

Menyediakan Hand Sanitizer

Kemudian, tips dagang pintar kedua adalah dengan menyediakan hand sanitizer atau air dan sabun untuk mencuci tangan. Dengan mempersiapkan hand sanitizer atau air dan sabun, Anda telah satu langkah di depan dalam memerangi Covid 19. Intinya, jangan pernah memegang bagian wajah atau bagian tubuh yang rawan dimasuki virus sebelum mencuci tangan, ya!

Penelitian lebih lanjut mengatakan, bahkan virus Corona ini dapat menempel pada uang, lho! Maka dari itu, jika menggunakan uang tunai, sediakanlah kantong plastik sebagai tampungan uang dari pembeli. Selain itu, sebagai pedagang yang kesehariannya berpapasan dengan pembeli yang bertransaksi, cucilah tangan secara rutin. Mencuci tangan ini sangat-sangat penting! Oh ya, perlu diingat, air yang dipersiapkan di sini harus air yang mengalir ya atau tidak dipakai berulang kali.

Jika ingin lebih aman, Anda bisa beralih dengan pembayaran non-tunai, seperti transfer antar bank atau menggunakan dompet digital. Saat ini banyak aplikasi teknologi yang dapat membantu pedagang dalam melakukan transaksi dengan pembeli. Misalnya saja OVO, DANA, GoPay, dan masih banyak lagi. Supaya tidak membingungkan, semua pembayaran tersebut dapat diterima dan dicatat dalam satu aplikasi, Youtap, yang bisa didownload melalui smartphone. Menariknya, aplikasi ini bisa menerima semua metode pembayaran, baik tunai maupun non-tunai.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan smartphone atau alat pembayaran lain setelah digunakan, ya. Semprotkanlah disinfektan secara berkala agar alat pembayaran tetap terjaga kebersihannya. Hal paling penting adalah jangan memegang bagian muka selama masih berada di luar untuk mencegah penularan virus.

Gunakan Masker

Tips dagang pintar selanjutnya yaitu dengan menggunakan masker. Menggunakan masker saat ini sangat dianjurkan bahkan wajib apalagi untuk orang-orang yang masih beraktivitas di luar ruangan/ruang publik seperti pedagang. Masker dapat mencegah penularan Covid 19, serta memberi rasa aman kepada pembeli untuk bertransaksi dengan Anda.

Nah, untuk mendapatkan tips dagang pintar lebih lengkap, baik di masa pandemic maupun di hari biasa, Anda bisa mengakses laman https://www.temandagang.id/. Masih sangat banyak informasi bermanfaat lainnya yang dapat Anda akses agar Anda tetap dapat berdagang sehat.

Temandagang.id merupakan portal yang memberikan informasi seputar dunia usaha. Ada banyak cerita seputar usaha dan cerita sukses yang bisa menjadi inspirasi bagi kepada pelaku usaha.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

kopii jawa

Mengulik Kejayaan Kopi Jawa

Pilihan Modem WiFi Terkini Harga Bersahabat