in

Turis Eropa Incar Batik Banyumas

Foto: Batiklopedia.com
batik banyumas
Foto: Batiklopedia.com

Sejarah batik tulis Banyumas tidak lepas dari kisah pelarian pasukan simpatisan Perang Diponegoro. Berkembangnya tak berbeda jauh dengan pakem pembuatan batik keraton, sepanjang perjalanannya berubah membentuk ciri khas tersendiri menjadi Batik Banyumasan.

Keindahan batik Banyumas pun dilirik turis asing. Hal itu disampaikan oleh salah seorang pedagang batik di Purwokerto bernama Sri. “Setiap turis yang ke sini selalu tertarik terhadap batik. Terutama batik tulis yang harganya Rp1 juta hingga Rp4 juta,” ujarnya. Ditambahkan olehnya para turis asing tersebut menyukai batik yang telah berbentuk kemeja formal. “Paling banyak dicari itu ya batik tulis. Karena khas dari setiap pola batik tulis itu kan karena hasilnya pasti beda. Itu yang menjadi daya tarik bagi turis,” tambahnya.

Turis asing penyuka batik Banyumas datang dari Eropa seperti Finlandia dan Belanda. Untuk Asia, datangnya dari Korea. “Ini murni kerajinan tangan khas Banyumas, yang buat masyarakat Banyumas. Kemarin itu dibeli oleh orang Finlandia. Lalu juga ada turis dari Belanda dan Korea,” tutupnya.

 

Sumber: Okezone

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

MEA

Pasar MEA Potensi Pengembangan Pasar Batik

batik air

Ada Lenggak-Lenggok Peragaan Busana Di Batik Air