in

Romantisme Motif Batik Truntum Yang Tak Pernah Pudar

motif batik truntumBagi pecinta batik, berbagai motif lawas kerap dikenal memiliki makna filosofis yang kuat. Terutama batik yang bermula dari wilayah pedalaman Jawa yang lahir dari lingkungan keraton. Ada pesan atau cerita yang selalu terkandung di dalamnya. Salah satu motif batik yang memiliki makna filosofis paling romantis adalah motif Truntum.

Truntum memiliki arti kembali bermekaran. Hal tersebut yang menambatkan Ella V. Brizadly untuk mengaplikasikan motif tersebut pada produk-produk yang dihasilkannya seperti tas dan sepatu. Kegemarannya mengkoleksi kain tradisional kuno membawanya menyelami pengetahuan dan pemahaman tentang filosofi dari motif kain batik Indonesia.

Truntum yang lahir dan dibuat oleh Ratu Kencono, istri dari Raja Paku Buwono III. Terinspirasi oleh kilau indah bintang-bintang di langit sebagai peneman sepi dirinya di kala malam hari, sambil diiringi semerbak bunga tanjung. Hal tersebut menginspirasinya untuk membuat motif truntum. Konon motif batik truntum merupakan persembahan dari wujud tanda cinta dirinya terhadap raja yang sekaligus suaminya.

Makna filosofis yang romantis tersebut akhirnya menghiasi koleksi produknya yang diberi nama PribuMi kali ini untuk didapat oleh para konsumennya.

 

Sumber: http://female.kompas.com/read/2016/04/12/190200420/Motif.Kain.Batik.Paling.Romantis.adalah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

kain lukis nasrafa jawa tengah

Kain Lukis Motif Batik Solo Siap Ekspor

hologram batik asli

Sticker Hologram Batik Asli Untuk Tumpas Kebohongan Penjual Batik Printing